Keajaiban Penguin, Subhanallah

PENGUIN adalah salah satu binatang yang paling penuh pengorbanan. Maksudnya, penguin sangat perhatian kepada anak-anaknya, bahkan rela mengorbankan nyawanya. Penguin hidup di daerah kutub yang suhunya sangat dingin, dapat mencapai minus 40 darjah Celcius.

Mengapa penguin dapat hidup di daerah kutub? Setelah diteliti, ternyata penguin mempunyai tubuh yang diselimuti lapisan lemak tebal dan mempunyai sistem pencernaan yang mampu memproses makanan dengan cepat. Dengan begitu, suhu tubuhnya dapat mencapai 40 darjah Celcius sehingga udara dingin di sekitarnya tidak berpengaruh.

Penguin sangat perhatian kepada anak. Penguin mengerami telurnya selama musim dingin. Penguin betina hanya bertelur satu butir. Telur itu kemudian dierami oleh penguin jantan. Sedangkan, penguin betina kembali ke laut dan tidak kembali selama empat bulan. Selama mengerami, penguin jantan harus menghadapi badai kutub dan tidak makan. Sebab, sumber makanan sangat jauh, akibat makin luasnya gletser pada musim dingin.

Sementara itu, penguin jantan tidak dapat begitu saja meninggalkan telur itu hanya sekadar untuk mencari makan. Saking sayangnya pada calon anaknya itu, penguin jantan rela kehilangan setengah berat badannya karena tidak makan demi kelahiran anaknya. Sebuah pengorbanan yang sangat besar dari seorang ayah penguin.

Setelah empat bulan, barulah telur itu mulai menetas. Pada saat telur menetas, penguin betina tiba-tiba muncul, dan akan menghampiri anaknya. Waktu empat bulan selama pergi, dimanfaatkan penguin betina untuk mengumpulkan makanan. Kemudian, tugas pun beralih. Sekarang, giliran penguin betina mengurus anaknya. Saat musim semi tiba, gletser mulai mencair. Lubang-lubang mulai bermunculan di tengah bongkahan ais sehingga ada jalan menuju laut.

Pasangan induk penguin ini pun mulai berburu mencari makanan. Memberi makan si bayi adalah tugas yang berat. Kadang-kadang pasangan induk penguin tidak makan dalam waktu lama demi memberi makan sang anak. Saat udara sangat dingin, induk penguin menjaga anaknya dengan meletakkannya di atas kaki mereka, dan menghangatkannya dengan perut mereka.

Kesimpulan:
1. Hanya penguin jantan yang mengeram telur selama 4 bulan tanpa makan.
2. Penguin jantan menyusukan anaknya.
3. Selepas 4 bulan penguin betina akan mengambil alih penjagaan anaknya. Cuba anda bayangkan dalam jutaan penguin yg ada disitu, penguin betina masih dapat mencari penguin jantan (pasangannya) dan anaknya.
4. Binatang pun sayang pada anaknya.

Lihat Video Penuh Cerita Ini:

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...